Prasangka baik pada Allah

prasangka baik pada Allah.png

Abu hurairah r.a menyampaikan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, “Allah berfirman, ‘Aku berada pada sangkaan hambaKu, Aku selalu bersamanya jika ia mengingatKu. Jika ia mengingatKu pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diriKu, jika ia mengingatKu dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepadaKu satu jengkal maka Aku mendekat padanya satu hasta. Jika ia mendekat padaKu satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepadaKu dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.”

Allah adalah seperti sangkaan hambaNya. Kalau hambaNya percaya Allah akan kabulkan sebuah doa, Ia akan kabulkan. Dan kalau hambaNya tidak percaya, maka doa tersebut pun tak akan dikabulkan.

Bahkan di kalau kita ada sedikit saja kecurigaan bahwa Allah tidak mengampuni dosa kita di Hari Arafah, kecurigaan itu sendiri dianggap sebagai dosa besar.

Maka, yakinlah akan apa yang kita doakan. Sampaikan prasangka baik kita akan doa kita. Rasakan dan bayangkan yang kita doakan tersebut sudah terjadi dan syukurinya saja.

Ternyata ada science di balik unsur keyakinan ini. Apabila pikiran kita diajak membayangkan, merasakan, apa yang kita inginkan tersebut, pikiran bawah sadar kita tak dapat membedakan apakah hal tersebut benar-benar sudah terjadi atau belum. Pikiran bawah sadar kita akan memerintahkan perasaan, pemikiran, intuisi, nalar dan berbagai hal lainnya untuk menciptakan apa yang kita visualisasikan tersebut.

Itulah sebabnya para inventor, pionir, Bapak Bangsa, para pahlawan kemerdekaan disebut sebagai visualizer atau visioner yang hebat. Mereka punya bayangan yang jelas dan kuat akan apa yang mereka inginkan. Steve Jobs sudah membayangkan iphone itu seperti apa sebelum iphone dibuatkan disainnya. Presiden Soekarno sudah tahu Indonesia harus seperti apa sebelum ia memproklamirkan kemerdekaan RI. Semua dimulai dalam pikiran.

Jadi, mulai sekarang, marilah kita selalu yakin bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah. Berdoalah, dan yakinlah.

Seandainya yang terjadi sesungguhnya berbeda dengan yang kita doakan, yakinlah juga bahwa Allah mengganti dengan yang lebih baik, karena Allah tahu apa yang lebih baik untuk kita.

Sumber: Catatan Haji 10: Prasangka Baik pada Allah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s